Berapa Meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik?

Artikel yang akan menjawab pertanyaan kamu tentang berapa meter kain untuk membuat baju tunik baik yang panjang maupun pendek termasuk apa yang dimaksud dengan tunik.

 

Berapa Meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik cover

 

Sebelum kami paparkan berapa meter kain untuk membuat baju tunik, kami ingin membahas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan tunik. Jangan-jangan pengertian tunik sahabat berbeda dengan pengertian tunik kami.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tunik?

Jadi apa yang dimaksud dengan tunik?

Tunik merupakan sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis. Tidak seperti gamis yang istilah bahasanya berasal dari bahasa Arab, kata ini tunik justru berasal dari kata serapan bahasa Inggris yakni berupa “tunic”.

Berdasarkan kamus merriam webster, “Tunic” berarti:

  1. a loose garment, typically sleeveless and reaching to the wearer's knees, as worn in ancient Greece and Rome.
  2. close-fitting short coat as part of a uniform, especially a police or military uniform.

Yang artinya:

  1. pakaian longgar, biasanya tanpa lengan dan sampai ke lutut pemakainya, seperti yang dipakai di Yunani kuno dan Roma.
  2.  jas pendek yang pas sebagai bagian dari seragam, terutama seragam polisi atau militer.

Sesuai dengan definisinya, jauh sebelum digunakan secara luas seperti sekarang, tunik sendiri sebenarnya lebih dulu dipakai oleh pria dan juga wanita Yunani, Romawi Kuno hingga kekaisaran Romawi. Setelah itu barulah model, warna dan bahan tunik mulai dikembangkan menjadi lebih modern untuk memenuhi kebutuhan fashion wanita.

 

Berapa Meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik 1

 

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai penutup dan pelindung bagian tubuh sekaligus pelengkap gaya penampilan, sebuah tunik hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus baik dari segi bahan maupun jahitan. Salah satu faktornya adalah jumlah berapa meter kain untuk membuat baju tunik ini.

Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah baju tunik diantaranya:

  • Memiliki kualitas bahan yang kuat, awet, ringan, tidak mudah sobek dan mudah untuk digunakan.
  • Mudah menyerap keringat dan meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.
  • Aman digunakan untuk orang yang berkulit sensitif sehingga mampu menjaga kulit agar terhindar dari bahaya iritasi maupun alergi.
  • Memiliki kualitas jahitan yang rapi baik pada bagian utama tunik maupun variasinya.
  • Jahitan tunik yang bagus memiliki ciri-ciri halus, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.
  • Mudah dibersihkan apabila kotor dan proses pengeringannya juga cepat.

 

Berapa Meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik 2

 

Baca Juga:

Apa Itu Tunik?

 

Selanjutnya kita bahas, inti pokok tulisan ini yaitu kira-kira berapa meter kain untuk membuat baju tunik yang pas.

Butuh berapa meter kain untuk membuat baju tunik?

Sebelum membahas berapa meter kain untuk membuat baju tunik, pertanyaannya adalah ada berapa jenis tunik yang ada? Setidaknya ada dua jenis tunik yang dikenal saat ini yakni tunik selutut dan long tunik. Untuk membuat keduanya tentu saja jumlah kainnya berbeda.

Jika kamu ingin menjahit tunik selutut, maka siapkanlah bahan sebanyak 2-meter untuk ukuran S-M (small to medium). Namun, siapkan bahan sebanyak 2,25-meter untuk ukuran L-XL jika lebar kainnya 1,15 meter.

Sedangkan, bila lebar kain 1,5 meter, maka akan dibutuhkan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 1,75-meter dan ukuran L-XL adalah sebanyak 2 meter.

Sedangkan untuk membuat long tunik, untuk kain dengan lebar 1,15-meter, maka dibutuhkan kain sebanyak 2 meter untuk ukuran S-M dan kain sebanyak 2,25 meter untuk ukuran L-XL.

Jika lebar kain yang kamu miliki selebar 1,5 meter, maka ukuran kain yang dibutuhkan adalah sebanyak 1,75-meter untuk size S-M dan sebanyak 2-meter untuk size L-XL.

 

Tabel Berapa meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik

Ukuran PakaianLebar Kain 1,15 meterLebar Kain 1,5 meter
S-M (Pendek)2 meter1,75 meter
X-XL (Pendek)1,15 meter2 meter
S-M (Long)2 meter1,75 meter
X-XL )Long)2,25 meter2 meter

 

 

Dress muslim Hijab

 

Namun untuk mengetahui berapa meter kain untuk membuat baju tunik, sebelum membeli kain, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu ke penjahit kamu, terutama untuk ukuran yang lebih dari XL.

Ciri-Ciri Tunik

Seperti penjelasan diatas bahwa tunik terdiri atas dua bentuk yakni tunik lengan panjang dan berlengan pendek. Namun, di Indonesia lebih banyak yang memakai tunik berlengan panjang.

Mari kita lihat beberapa ciri-ciri dari penggunaan tunik, yakni:

  1. Tidak Menerawang; Sebetulnya, terbuka atau tidak tunik didasari atas kualitas bahan kain yang diputuskan. Upayakan pilih bahan kain tebal supaya tidak terawang. Penggunaan baju untuk muslimah seharusnya tidak menunjukkan bentuk lekuk badan. Ini dilaksanakan supaya performa agar masih tetap syar'i.
  2. Kendur; Biasanya, tunik memiliki sifat kendur hingga mempermudah kegiatan Anda setiap hari. Bukan hanya digunakan untuk setiap hari saja, Anda dapat tentukan opsi tunik untuk pesta acara, hang-out dan wisuda. Baju tunik mempunyai ukuran bermacam, hingga Anda bisa menyesuaikan sama ukuran badan.
  3. Tambahan Aksesori pada Sisi Dada dan Pergelangan Tangan; Tunik yang terdapat dipasaran sekarang ini banyak pula yang dihias ruffle pada bagian tangan dan dada. Umumnya, ruffle berada di bagian dada. Biasanya peletakan hiasan itu terdiri dari dua segi memanjang sampai ke bawah. Tunik dengan desain dan mode kekinian menambah kancing pada bagian dada. Umumnya, jumlah kancing bervariatif sama sesuai mode. Baju tunik diperlengkapi keriput pada bagian pergelangan tangan. Hal itu membuat performa lebih girly dan nyaman dipakai
  4. Tunik Dapat Mempunyai Berkerah dengan Gabungan Beragam Pola; Tunik mempunyai ciri-ciri berkerah dengan gabungan beragam pola. Satu diantaranya ialah pola floral. Ini memperlihatkan jika baju tunik bukan hanya dikenali sebagai pakaian warna polos. Karenanya, dapat disebutkan jika mode tunik benar-benar bervariatif karena ada pola yang bermacam. Tunik ada juga yang dibikin dari kain brokat secara beragam opsi warna. Anda dapat melakukan modifikasi brokat berbahan kain lain. Mode tunik brokat berikan kesan-kesan eksklusif untuk acara resmi Anda.
  5. Potongan Tunik Umumnya Tutupi Bokong; Potingan tunik dapat dibikin bermacam, bahkan juga ada yang sampai ke lutut atau bawah lutut. Karena itu, baju ini termasuk santun dan dapat dipakai di beberapa acara. Dengan potongan yang kendur membuat Anda lebih bebas dalam melakukan aktivitas setiap hari, bahkan juga untuk bekerja sekalinya.

Dress Hijab Muslim

Penutup Butuh Berapa Meter Kain Untuk Membuat Baju Tunik

Demikian artikel dari Kebaya Rosi yang membahas jawaban pertanyaan kira-kira butuh berapa meter kain untuk membuat baju tunik baik tunik pendek amaupun tunik Panjang, termasuk apa yang dimaksud dengan tunik.

Kebaya Rosi – Penjahit Tunik Bandung Membuat Tunik Eksklusif Yang Nyaman Agar Kamu Tampil Cantik Percaya Diri Di Hari Bahagia.

error: Alert: Content is protected !!