cara mencuci kebaya brokat dan berpayet Feature
Tips Memilih Kebaya

7 Tahap Cara Mencuci Kebaya Brokat dan Berpayet Agar Tetap Awet

7 Tahap Cara Mencuci Kebaya Brokat dan Berpayet Dengan Benar (Step by Step)

Artikel ini mengurai bagaimana cara mencuci kebaya yang benar step by step. Dijelaskan 2 cara mencuci kebaya brokat dan berpayet yang masing-masing berbeda.

cara mencuci kebaya brokat dan berpayet Cover

Tips Cara Mencuci Kebaya

Jenis kebaya bermacam-macam tergantung kepada jenis kain dan hiasannya. Secara garis besar, kebaya bisa dibedakan menjadi kebaya berpayet dan kebaya brokat biasa. Dari sisi harga, biasanya kebaya berhiasakan payet memiliki harga jauh lebih tinggi dibandingkan kebaya brokat biasa.

Karena hiasan payetnya tersebut cara mencuci kebaya kedua jenis ini berbeda. Untuk kebaya brokat biasa dapat diperlakukan seperti pakain dengan kain halus. Sedangkan untuk mencuci kebaya berpayet perlu kehati-hatian agar hiasan payetnya tidak lepas.

Berikut akan diuraikan cara mencuci kebaya untuk kebaya brokat dan kebaya berpayet:

7 Tahap Cara Mencuci Kebaya Berpayet

Kebaya berpayet biasanya dipergunakan pada event-event penting hidup Kamu. Meskipun biasanya jarang dipakai, namun Kamu ingin kebaya tersebut terawat dengan baik agar memori saat memakai kebaya tersebut.

Pada bagian ini, akan diuraikan bagaimana cara mencuci kebaya berpayet agar awet:

1.Hindari Penggunaan Mesin Cuci – Cara Mencuci Kebaya Berpayet

Dengan hiasan payet yang ringkih, tidak memungkinkan Kamu mencuci kebaya berpayet menggunakan mesin cuci. Untuk mencuci kebaya payet ini sebaiknya dicuci dengan cara manual. Alasan tidak menggunakan mesin cuci adalah bahwa mesin cuci dapat merusak kebaya dan payetnya pun dapat copot karena tergesek mesin cuci.

2.Rendam Kebaya dengan Detergen Lembut

Deterjen Cair - cara mencuci kebaya brokat dan berpayet

Sebelum mencucinya, rendamlah kebaya berpayet tersebut dengan dterjen yang lembut untuk menghilangkan kotoran-kotoran besar yang menempel. Namun perlu diperhatikan, janganlah terlalu lama dalam merendam kebayatersebut, sebab detergen dapat memudarkan warna kebaya dan kilauan payet. Karena hal itu Kamu wajib mempergunakan deterjen halus atau menggunakan shampoo.

Setelah merendamnya beberapa saat, selanjutnya celup-celupkan saja kebaya dalam larutan detergen/shampoo tersebut.

3.Hindari Penggunaan Sikat Cuci

Saat mencuci kebaya apalagi kebaya berpayet sebaiknya tidak menggunakan sikat cuci. Kebaya berpayet, kebaya brokat dan bordir tidak disarankan untuk dicuci dan dibersihkan dengan menggunakan sikat cuci. Penggunaan sikat baju saat mencuci kebaya dapat merusak kain dan hiasan dalam kebaya. Apabila terdapat noda bandel yang menempel pada kebaya yang susah dibersihkan, Kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi kecil. Sikatlah dengan sangat hati-hati agar tidak merusak payet.

4.Gunakan Air Bersih – Cara Mencuci Kebaya Berpayet

Setelah tahap-tahap diatas dilakukan dan dirasa noda-noda yang yang ada telah hilang, selanjutnya adalah membilasnya. Kamu membilasnya dengan menggunakan air bersih. Lakukan bilasan minimal dua kali sampai busa-busa pada kain hilang. Sisa deterjen dan sisa busa harus bersih karena dapat menininggalkan perbedaan warna.

5.Jemur Kebaya

Menjemur - cara mencuci kebaya brokat dan berpayet

Segera setelah mesin berhenti, keluarkan kebaya dan dijemur. Saat menjemur kebaya, Kamu tidak boleh menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat membuat warna kebaya pudar, jemurlah kebaya di tempat sejuk dan teduh hingga benar-benar kering. Jika bahan kebaya Kamu elastis, jemurlah secara mendatar, jika tidak jemur dengan cara digantung.

6.Jangan Terlalu Sering Mencuci Kebaya

Karena kebaya berpayet hanya akan digunakan pada acara-acara tertentu dengan waktu yang singkat. Oleh karena itu, Kamu sebaiknya tidak mencucinya terlalu sering, Kamu bisa mencuci kebaya setelah 3 hingga 4 kali pemakaian. Dengan mencuci tidak terlalu sering berguna agar kebaya tidak mudah rusak dan warnanya pun tak mudah pudar.

7.Simpan Kebaya Di Tempat Yang Kering Dan Tak Lembab.

Setelah kain kebaya benar-benar kering,  Kamu dapat menyimpannya di tempat yang kering dan tak lembab agar terbebas dari jamur yang dapat merusakan kebaya. Kamu juga bisa memberikan pewangi pakaian di dalam lemari agar kebaya tetap segar dan tidak dirusak oleh ngengat. Selain itu, Kamu bisa menggantung dan membungkusnya dengan plastik dan diberikan silika gel.

 

7 Tahap Cara Mencuci Kebaya Brokat

Seperti cara mencuci kebaya berpayet, cara mencuci kebaya brokat paling aman adalah dengan tangan atau manual. Namun, jika kebaya Kamu merupakan kebaya brokat biasa yang diproduksi secara massal di pabrik, Kamu mungkin bisa mencucinya di mesin cuci.

Dibandingkan kebaya berpayet, kebaya brokat biasa mungkin lebih sering dipakai misalnya sebagai pakaian kerja pada hari tertentu. Jika sudah yakin baju kebaya bisa dicuci di mesin cuci, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Pisahkan Kebaya Sebelum Masuk Mesin Cuci- Cara Mencuci Kebaya Brokat

Pisahkanlah kebaya-kebaya brokat yang akan dicuci dengan pakaian lain. Kamu bisa mencuci dengan menggabungkan dengan baju-baju  berbahan halus lainnya dengan bahan halus dan warna serupa.

2.Oleskan Deterjen Sebelum Masuk Mesin Cuci

Setelah pemisahan kebaya dengan baju yang lain, lihatlah apakah ada noda-noda yang terlihat jelas pada kebaya. Apabila ada, oleskan deterjen pada noda-noda tersebut secara merata.

3.Pilih Mode Tertentu pada Mesin Cuci

mesin cuci otomatis - cara mencuci kebaya brokat dan berpayet

Jika mesin cuci Kamu memiliki panel digital pilihlah program ‘delicate‘ atau ‘handwash‘ atau mode lain yang serupa. Mode ini akan memulai siklus singkat dengan suhu rendah. Program ini juga tidak menggunakan banyak putaran agar baju berbahan sensitif tidak koyak. Jika mesin cuci Kamu masih mekanis pilihlah angka pada putaran paling rendah dan set waktu jangan terlalu lama.

4.Gunakan Deterjen Halus- Cara Mencuci Kebaya Brokat

Sebagain bahan pembersih, tambahkan detergen yang aman untuk bahan halus. Deterjen yang berbentuk cair lebih baik karena biasanya tidak meninggalkan noda deterjen.

5.Jemur Kebaya

Segera setelah mesin berhenti, keluarkan kebaya dan dijemur. Saat menjemur kebaya, Kamu tidak boleh menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat membuat warna kebaya pudar, jemurlah kebaya di tempat sejuk dan teduh hingga benar-benar kering. Jika bahan kebaya Kamu elastis, jemurlah secara mendatar, jika tidak jemur dengan cara digantung.

6.Jangan Terlalu Sering Mencuci Kebaya

Berbeda dengan baju sehari-hari yang setiap hari digunakan, kebaya hanya akan digunakan pada acara-acara tertentu dengan waktu yang sikat. Oleh karena itu tak apa jika tidak mencucinya terlalu sering, Kamu bisa mencuci kebaya setelah 3 hingga 4 kali pemakaian. Bukan tanpa tujuan, hal ini berguna agar kebaya tidak mudah rusak dan warnanya pun tak mudah pudar.

7.Simpan kebaya di tempat yang kering dan tak lembab.

Setelah kain kebaya benar-benar kering,  Kamu dapat menyimpannya di tempat yang kering dan tak lembab agar terbebas dari jamur yang dapat merusakan kebaya. Kamu juga bisa memberikan pewangi pakaian di dalam lemari agar kebaya tetap segar dan tidak dirusak oleh ngengat. Selain itu, Kamu bisa menggantung dan membungkusnya dengan plastic dan diberikan silika gel.

Penutup

Demikian uraian 7 tahap cara mencuci kebaya brokat dan berpayet yang dapat Kamu lakukan untuk memelihara kebaya Kamu.

Jika kamu kesulitan mencuci kebaya, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa laundry khusus kebaya yang sudah berpengalaman. Selain lebih aman, menggunakan jasa laundry juga dapat menurunkan risiko terjadi kerusakan pada kebaya.

Jika kamu ingin membuat kebaya brokat ataupun kebaya berpayet, pilihlah penjahit kebaya yang berkompeten yaitu memiliki pengetahuan, skills dan pengelaman dalam menjahit kebaya. Kebaya Rosi – Penjahit Kebaya Bandung adalah salah satu penjahit terbaik untuk menjahit kebaya nyaman untuk Kamu tampil percaya diri.

Kebaya Rosi – Penjahit Kebaya Bandung adalah Top 3 paling popular dalam pencarian Google Map untuk Kawasan Kota Bandung.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *