7 Tips Memilih Kebaya Pengantin Wajib Diketahui Calon Mempelai Feature
Tips Memilih Kebaya

7 Tips Memilih Kebaya Pengantin Wajib Diketahui Calon Mempelai

Tulisan ini akan memberikan 7 tips memilih kebaya pengantin yang wajib Kamu ikuti untuk tampil sempurna di hari H. Tips memilih kebaya pengantin ini dimulai dari tips saat persiapan dan bagaimana tips fitting kebaya pengantin yang benar.

7 Tips Memilih Kebaya Pengantin Wajib Diketahui Calon Mempelai

Tips Memilih Kebaya Pengantin

Berikut adalah 7 tips memilih kebaya pengantin yang dapat kamu ikuti:

1.Waktu Persiapan Membuat Kebaya Pengantin 

Waktu Persiapan Membuat Kebaya Pengantin 

Waktu persiapan yang ideal untuk menjahit kebaya pengantin adalah 3-4 bulan sebelum hari pernikahan kamu. Sebelumnya kamu sudah harus berkonsultasi dengan penjahit kebaya tentang bagaimana model yang cocok dengan bentuk tubuh. Selain itu, memilih bahan dan warna yang sesuai dengan karakter diri kamu dan tema resepsi dan akad.

Perlu juga diingat, di Indonesia ada kepercayaan bahwa menikah pada bulan-bulan tertentu yang dianggap bulan baik menjadi tradisi. Sehingga kamu harus memastikan penjahit kebaya kamu dapat menyelesaikan pesanan tepat waktu. Hal ini karena pada bulan-bulan pernikahan, para penjahit kebaya biasanya menerima banyak pesanan busana pengantin.

Jika kamu ingin menyewa, kamu harus rajin-rajin mencari kebaya pengantin yang cocok. Selain itu, pastikan kebaya pengantin tersebut tersedia di hari pernikahan. Jika kamu menyewa, perlu diingat bahwa pernikahan hanya sekali seumur hidup, sehingga menjahit kebaya pengantin lebih disarankan.

2.Biaya Membuat Kebaya Pengantin – Tips Memilih Kebaya Pengantin

Biaya Membuat Kebaya Pengantin - Tips Memilih Kebaya Pengantin

Pernikahan hanya sekali seumur hidup, sehingga kita ingin tampil sempurna di hari pernikahan kita. Namun, kita harus realistis dalam hal biaya, termasuk biaya untuk biaya pembuatan kebaya pengantin. Realistis disini adalah bahwa budget untuk kebaya pengantin jangan terlalu besar namun jangan terlalu minim. Jangan sampai hari H kamu tidak sempurna gara-gara tampil dengan kebaya pengantin yang asal-asalan.

Soal budget kebaya pengantin ini sebaiknya dibicarakan dengan pasangan dan keluarga. Apakah pilihannya lebih baik membeli/menjahit atau menyewa saja. Apapun pilihan Kamu, pastikan kebaya tersebut sesuai dengan yang Kamu inginkan. Seperti pada tips pertama, membuat kebaya pengantin lebih disarankan untuk tampil sempurna dan kepuasan kamu.

3.Memilih Model Kebaya Pengantin – Tips Memilih Kebaya Pengantin

Saat ini semakin banyak model kebaya pengantin yang bisa kamu pilih. Pilihan tersebut mulai dari yang tradisional hingga kebaya dengan gaya modern kontemporer. Namun, satu hal yang pasti, Kamu harus memilih model yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Jangan terlalu percaya dengan tampilan kebaya pada manikin yang dipajang. Kadang, kebaya tersebut terlihat sangat cantik saat dipajang, tetapi tidak cocok dengan bentuk tubuh Kamu.

Carilah referensi di internet, buku pernikahan, namun yang paling baik adalah berkonsultasi dengan penjahit khusus kebaya pengantin. Penjahit tersebut akan membantu kamu untuk mencari model yang paling pas untuk tubuh Kamu.

Selain itu, pemilihan model kebaya pengantin harus disesuaikan dengan konsep acara. Beberapa akad nikah sangat tradisional dan sesuai adat tertentu sedangkan ada juga resepsi yang modern. Untuk kebaya pengantin dengan sentuhan modern, mempelai bisa mengenakan desain dengan padu padan gaun beraksen kebaya. Atau gabungan kebaya tradisional dan kebaya kontemporer bisa juga menjadi pilihan.

4. Tips Memilih Warna Kebaya Pengantin Tips Memilih Kebaya Pengantin

Tips Memilih Warna Kebaya Pengantin - Tips Memilih Kebaya Pengantin

Salah memilih warna kebaya bisa merusak segalanya bahkan dengan model yang sempurna. Warna kebaya pengantin yang Kamu pakai akan ikut mendukung kesempurnaan penampilan. Jadi tips memilih warna kebaya pengantin adalah hal penting.

Biasanya, warna kebaya pengantin akan disesuaikan dengan tema pernikahan. Namun, jangan lupa untuk memastikan warna kebaya Kamu sesuai dengan warna kulit. Kesusuaian dengan warna kulit lebih utama dibandingkan dengan tema. Jadi janganlah memaksakan warna kebaya yang sama dengan tema jika tidak cocok dengan warna kulit Kamu.

Untuk prosesi akad nikah, biasanya kebaya putih bisa menjadi pilihan. Beberapa orang ada warna kulit yang cocok dengan warna kebaya putih tersebut. Namun ada juga yang tampak kusam jika memakai kebaya warna putih bersih. Untuk menyiasatinya, Kamu bisa memilih warna putih gading atau ivory.

Jadi, warna putih dan off white bukan satu-satunya pilihan warna untuk kebaya pernikahan. Pilihan warna-warna romantis seperti rona warna pastel, rustic dan dusty juga menjadi warna favorit gaun pengantin. Pilihlah warna yang menimbulkan kesan sakral dan khidmat. Jadi pilihlah kebaya dengan warna yang lembut dan tidak mencolok

Sedangkan untuk resepsi, pilihan warna gelap seperti metallic blue juga mendominasi tren mode terbaru. Kombinasikan dengan kain brokat berwarna yang lebih cerah seperty  icy blue untuk tampilan akhir yang tetap cantik dan romantis. Untuk acara resepsi, pilih kebaya dengan bahan dan warna yang meriah. Kain brokat yang dihiasi mutiara, payet dan lain sebagainya dapat memancarkan aura kebahagiaan yang mendalam.

5. Tips Memilih Bahan Kebaya Pengantin – Tips Memilih Kebaya Pengantin

Bahan kebaya pengantin biasanya menggunakan kain tulle dan dipenuhi brokat. Namun, beberapa orang dapat mengalami gatal dan kemerahan saat memakai kebaya dengan bahan tersebut. Jadi tips kelima tentang tips memilih bahan kebaya pengantin harus Kamu perhatikan.

Jika kamu adalah salah satunya, hal tersebut harus menjadi pertimbangan utama. Konsultasikan dengan penjahit kebaya pengantin Kamu. Jangan sampai Kamu tersiksa dengan gatal dan panas karena alergi di hari pernikahan.

Pastikan bahan kain kebaya Kamu nyaman di kulit. Selain itu, bahan harus disesuaikan dengan acara resepsi apakah pesta pernikahan diadakan di dalam ruangan atau luar ruangan. Sebagai contoh, apabila resepsi diadakan di luar ruangan saat siang, pilihlah kebaya yang ringan dan tidak berat. Hal ini agar Kamu leluasa bergerak dan tidak mudah berkeringat.

6. Tips Memilih Kebaya Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh disini ada 2 maksud yaitu bentuk tubuh itu sendiri dan model kebaya pengantin yang mengikuti bentuk tubuh. Kedua hal ini wajib kamu perhatikan. Tips memilih kebaya pengantin sesuai bentuk tubuh ini berkatitan dengan tips-tips lain diatas.

Saat kita mempersiapkan pernikahan, terdapat banyak hal yang membuat calon pengantin stres. Sebagian mengalami penurunan berat badan, sebagian lagi mengalami penambahan berat badan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada model kebaya pengantin yang akan Kamu pakai.

Jadi jagalah kondisi kesehatan dan bentuk tubuh Kamu, tidak ada salahnya olahraga saat pagi hari.

Hal kedua adalah tentang model kebaya pengantin kamu yang harus sesuai bentuk tubuh kamu. Tujuan utama penggunaan kebaya pengantin adalah untuk memperindah bentuk tubuh menjadi lebih anggun.

Dengan alasan diatas, maka kebaya yang terlalu longgar akan membuat tampilan tubuh tidak begitu indah. Sebaliknya, kebaya yang terlalu sempit atau ketat akan membuat pemakai tidak nyaman. Jadi kebaya pengantin yang sesuai dengan ukuran tubuh Kamu adalah sangat penting.

Sebagai contoh, pilihlah hiasan yang sesuai dengan besar payudara. bagi Kamu yang memiliki dada kecil, pilihlah hiasan di bagian dada yang akan membuat dada Kamu nampak lebih berisi. Sebaliknya, untuk yang berdada besar, pilihlah kebaya yang tidak memiliki hiasan di bagian dada. Namun jika Kamu tidak ingin polosan, pilihlah hiasan berupa bordir yang warnanya selaras dengan warna kain.

7. Fitting Kebaya Pengantin

Fitting Kebaya Pengantin

Hari H kamu bisa berantakan karena hal-hal sepele. Sebagai contoh adalah bawahan kebaya yang pas saat dicoba ternyata menjadi lebih pendek saat sudah memakai selop pernikahan.

Bawahan kebaya kamu jadi tidak indah dipandang karena tampak lebih pendek dari ukuran ideal. Jadi untuk membuat bawahan kebaya jatuh dengan pas, pakai selop atau hak tinggi (yang kira-kira tingginya sama dengan selop yang akan dipakai saat menikah) ketika Kamu fitting kebaya pernikahan atau pada saat penjahit mengukur tubuh Kamu.

Konsultasikan hal ini dengan penjahit kebaya kamu, agar hal sepele seperti ini tidak membawa bencana di hari pernikahan kamu.

Penutup

Demikian 7 tips memilih kebaya pengantin dari kami, semoga dapat membantu anda yang sedang mempersiapkan pernikahan.

Kebaya Rosi merupakan penjahit kebaya Bandung yang telah memiliki banyak pelanggan dari berbagai suku (Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Banjar dll), jadi kami mengerti bagaimana membuat kebaya dengan berbagai tipe sesuai dengan adat dipadukan dengan model kontemporer modern.

Kebaya Rosi adalah penjahit kebaya di Bandung yang berpengalaman puluhan kali membuat kebaya pengantin untuk berbagai suku. Kami siap membantu kesempurnaan acara pernikahan Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *